Membuat Daftar Isi di Semua Jenis MS Word, Mudah dan Simple !!!

blogger templates

            ASSALAMUA’ALAIKUM WR.WB

Membuat Daftar Isi di Semua Jenis MS Word

            Di artikel ke2 ini, saya ingin memberikan tutorial bagaimana membuat daftar isi dengan mudah dan simpel di semua jenis MS WORD, jenis MS Word yang saya gunakan adalah Word 2016, namun untuk versi yang lain juga bisa dan caranya pun sama. Sebelum saya mengetahui cara ini, dulu saya membuat daftar isi secara manual yaitu dengan menekan tombol titik hingga ke ujung dan hasilnya tidak rapi sekaligus capek. Saya mengetahui cara ini dari guru saya sendiri, yang waktu itu sedang memberikan materi cara membuat laporan yang benar, dan caranya pun sangat-sangat mudah dan menghemat waktu. Oke langsung saja ke TKP.

            Cara membuat daftar isi di semua jenis MS Word:
  1. Buka MS Word teman-teman
  2. Pastikan “ruler” di MS Word teman-teman telah aktif. Bagi yang belum aktif, bisa diaktifkan dengan cara. Pilih View dibagian menu pada Word kemudian centang Ruler.
    Rurel
  3. Setelah Ruler aktif, klik kanan pada garis kecil yang ada pada ruler, pilih garis kecil yang paling ujung atau kalian bisa pilih angka paling ujung pada ruler, maka akan muncul garis siku-siku, ini namanya “tabulasi”. Pasti kalian bingung !! kalau bingung lihat pada foto dibawah:
    tabulasi
  4. Buat 2 tabulasi yang saling berdekatan. Seperti pada gambar diatas.
  5. Kemudian, arahkan kursos pada tabulasi yang pertama dan klik kanan 2x dengan cepat. Maka akan tampil menu baru. Pastikan menu baru yang muncul adalah menu tabs bukan menu margin. Kalau menu margin yang muncul berarti kursos anda kurang tepat, pastikan kursos mengenai tabulasi dan ingat klik kanan 2x bukan klik kiri 2x. lihat pada foto.
    menu tab
  6. Pada menu tab, dibagian “Alignment” pilih “center” dan di bagian “leader” pilih “2…..”, kemudian klik set dan ok.

Cara aplikasi:
  1. Pada kertas Word silahkan ketik , Misalkan kita mengetik “1.1 Latar Belakang” kemudian kalian tekan “Tab” pada keyboard, maka secara otomatis titik-titik Panjang akan muncul. 
  2. Setelah titik-titiknya muncul kalian tekan “Tab” sekali lagi dan otomatis akan ada spasi dan tulislah halamannya. Jadi fungsi tab pertama adalah memberikan titik-titik dan tab kedua untuk menulis halaman.
    tab 1 & tab 2
  3. Untuk langkah selanjutnya, caranya sama. setelah menulis halaman tekan enter dan tulis lanjutan dari daftar isi misalkan “1.2 bla-bla-bla” tekan tab dan tekan tab lagi. selesai.
            Artikel diatas terlihat panjang, padahal saat mempraktekkan sangat mudah dan simple, dalam mempraktekkan step by stek baca pelan-pelan langkah-langkahnya. Semoga apa yang saya berikan bermanfaat bagi teman-teman. Terimakasih juga telah berkunjung dan jagan lupa untuk kembali.

WASSALAMUA’ALIKUM WR.WB


0 Response to "Membuat Daftar Isi di Semua Jenis MS Word, Mudah dan Simple !!!"

Posting Komentar